Minggu, 07 September 2014

Filled Under: ,

10 Tipe Pengguna Social Media




Setelah bertahun-tahun menggunakan social media, mungkin secara tidak sadar kita sudah memiliki sebuah bentukan image sebagai tipe pengguna social media tertentu. Bisa jadi, persepsi mengenai diri kita di benak orang sekeliling kita terbentuk atau bahkan berubah karena aktivitas yang kita lakukan di social media. Melalui tulisan ini, saya ingin berbagi mengenai 10 tipe pengguna social media berdasarkan karakter aktivitasnya:

1. The Listener
Seorang pengguna social media yang aktif tapi lebih memilik untuk tidak terlalu "tampil".  Mungkin saja ada sebuah postingan kita yang disukai okeh tipe pengguna ini, namun tidak selalu mereka akan memberikan tombol like untuk posting tersebut. Pemberian komen pun cukup jarang untuk dilakukan.


2. The Activist

Dengan memiliki hati yang penuh kasih sayang namun kondisi keseharian yang tak menentu, justru mempromosikan diri mereka sendiri di ranah social media. Mereka sagat menyadari kekuatan dari social media dan terus berusaha agar suara mereka didengar untuk melakukan perubahan.


3. The Spammer


Tipe pengguna yang satu ini menganggap postingan yang bagi kita "mengganggu" justru sebagai konten yang berkualitas bagi mereka. Mereka juga sering melakukan pengiriman pesan langsung ke inbox pengguna lainnya secara rutin dan merasa hal itu keren untuk dilakukan.


4. The Passionista

Tipe pengguna yang sangat meningkatkan perkembangan dunia social media. Lewat keterikatan mereka dengan sebuah passion, tipe pengguna ini fokus menggunakan waktu mereka untuk menjelajahi dan berbagi mengenai passion mereka secara online.


5. The Social Butterfly

Bagi tipe pengguna yang satu ini, mereka tidak pernah berhenti untuk menunjukkan akan kecilnya dunia ini dengan selalu melakukan tag foto ke setiap orang yang ditemuinya. Cek saja wall atau timeline mereka untuk mengetahui seberapa populer tipe The Social Butterfly!


6. The Troll

Tipe The Troll selalu melewati batas, berada di pihak oposisi, serta melontarkan komentar-komentar kebencian akan sesuatu. Mereka tidak peduli bahwa hal-hal tersebut termasuk isu yang sensitif. Sebaiknya kita jangan ragu untuk mengklik "block" button kepada jenis pengguna ini.


7. The Teacher

Seorang passionista yang spesial dan sangat menyukai untuk berbagi tentang pengetahuannya. Tipe ini sangat passionate dengan bidangnya dan senang untuk membantu orang untuk menekuni bidang tersebut. The Teacher sangat mengerti akan maksud quality content yang sebenarnya.


8. The Early Adopter

Mereka umumnya menggunakan sebuah platform social media sebelum dikenal banyak orang dan selalu memberitahu semua orang tentang hal tersebut. Mereka kemungkinan akan "move on" terlebih dahulu ke plaform social media yang lain sebelum setahun kemudian akan ramai digunakan orang. 


9. The Black Booker

The Black Booker adalah penjalin hubungan yang sejati, mereka menggunakan social media sebagaimana fungsi dan fiturnya. Tipe pengguna ini sangat practical, yaitu mereka memang berkomunikasi dengan orang-orang via social media. Besar kemungkinan sebelum adanya memori dalam handphone mereka memiliki buku hitam kecil yang berisikan daftar nomor telepon orang.


10. The Family Man

Mungkin sebelumnya tipe ini tidak tertarik dengan social media. Tetapi semua berubah saat mereka mengetahui bahwa social media dapat berfungsi untuk melakukan komunikasi dengan semua anggota keluarga dari berbagai sisi bagaikan mereka berdekatan di dunia nyata. Hal-hal yang mereka bagikan di dunia social media pun tidak jauh dari konten postingan bersama keluarganya.


Nah, jadi termasuk yang manakah diri  kita dari ke-10 tipe pengguna tersebut?


Source: http://topdogsocialmedia.com/10-types-of-social-media-users/


The Author :



0 komentar:

Posting Komentar