Selasa, 02 September 2014

Filled Under:

CODEIGNTER VS cakePHP


Saat ini dunia digital telah berkembang sangat pesat. Tidak hanya dalam bidang multimedia tetapi juga dalam dunia programing terutama bahasa pemrograman PHP. Bahasa pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor) dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama Form interprented(FI) yang bentuknya masih berupa skrip yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web.


Seiring berkembangnya zaman maka banyak orang yang tertarik pada dunia programing. Mereka membuat sebuah Framework untuk mempercepat dan mempermudah dalam men-develop sebuah web. Hingga sekarang, banyak Framework yang muncul seperti Codeigniter, Yii, zend, cakePHP, Laravel dan masih banyak lagi. Dari Framework yang ada pasti terdapat kekurangan dan kelebihan dari masing – masing Framework.


Disini kita akan membahas kekurangan dan kelebihan dari beberapa Framework terutama Framework Codeigniter dan cakePHP. Agar para pembaca mengerti Framework apa yang lebih efisien dan efektif. Karena setiap Framework memiliki fungsi yang mudah untuk dimengerti dan yang sulit dipahami meskipun masih dalam satu konsep yaitu konsep MVC.


Pertama kita akan membahas kekurangan dan kelebihan dari Framework codeigniter.




Kelebihan Codeigniter
  1. Performa lebih cepat.
    Dalam pengeksekusian skrip atau coding codeigniter tergolong cepat dibandingkan dangan PHP murni. Karena dalam codeigniter telah menggunakan konsep MVC dan OOP. 
  2. Mendukung PHP versi 4 dan 5. 
  3. Konfigurasi yang sangat minim
    Dalam codeigniter telah disiapkan konfigurasi sedikit mungkin untuk mempercepat dalam men-develop web. Yang jelas dalam konfigurasi database, dalam codeigniter hanya mengubah beberapa baris saja.
  4. Dokumentasi yang sangat lengkap
    Setiap paket instalasi codeigniter telah dilengkapi  dengan user guide yang sangat lengkap untuk menjadikan permulaan dalam menggunakan Framework ini. 
  5. Mudah dipelajari
    Dari adanya dokumentasi yang lengkap maka dengan membaca dokumentasi yang ada mempermudah untuk mempelajari struktur dan function yang terdapat dalam Framework ini.

Kekurangan Codeignter

  1. Framework ini masih banyak terdapat kekurangan yang masih belum terselesaikan.
  2. Kurang stabil dalam beberapa fungsi bawaan dari Framework ini.
  3. Framework ini tidak akan berkembang lagi  

Sekarang kita akan membahas kelebihan dan kekurangan dari Framework cakePHP




Kelebihan cakePHP

  1. Dukungan terhadap AJAX, ORM, library AJAX didalam cakePHP sudah disediakan, kita tinggal memanggilnya saja.
  2.  Automagic function, seperti adanya validasi input, dll yang mempercepat coding seperti helper untuk form,
  3. Mendukung PHP versi  4 dan versi 5.
  4. Lebih mencerminkan MVC sesungguhnya dibandingkan dengan codeigniter.
  5. Komunitas yang besar dan forum yang cukup baik.

Kekurangan cakePHP

  1. Panduan yang minim tidak seperti panduan dalam codeigniter sehingga mempelajari cakePHP lebih sulit dibandingkan dengan codeigniter.
  2. Terlalu banyak aturan sehingga tidak flexibel seperti codeigniter. Seperti nama tabel harus prural, nama controller harus sama dengan nama view, dll.
  3. Butuh waktu belajar lebih lama dibandingkan dengan codeigniter.
Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Framework codeigniter dan cakePHP. Semoga bermanfaat.


The Author :




0 komentar:

Posting Komentar