Sabtu, 06 September 2014

Filled Under: ,

Tips Sederhana Beriklan di Social Media

Harus diakui bahwa pergeseran ke era digital semakin terasa. Hal ini dapat dilihat dari bertambah banyaknya pengguna internet di Indonesia. Hampir seluruh pengguna tersebut aktif di sosial media yang mengakibatkan perubahan aktifitas mereka yang semula offline menjadi online. Dengan jumlah pengguna sebesar itu, beriklan di social media jelas tidak diragukan lagi efektivitasnya. Sukses tidaknya beriklan di sosial media tergantung dari beberapa hal sederhana yang perlu di perhatikan diantaranya :

Konten


“Content is a KING”. Ya, konten adalah kunci utama beriklan di social media. Konten yang baik adalah konten yang mampu membuat publik tertarik dan engage terhadap sebuah akun social media. Untuk mewujudkan itu perlu diperhatikan target audience, pemilihan bahasa sesuai target, pembuatan headline yang kuat untuk menarik public, mudah tidaknya konten tersebut dicerna oleh publik dan seberapa penting informasi dalam konten tersebut bagi publik. Semakin tinggi nilai komersial konten sebuah akun, maka akan semakin cepat pula publik jenuh dengan akun tersebut. Maka usahakan sebisa mungkin kurangi nilai komersial konten dan kombinasikan dengan informasi yang berguna dengan publik.

Visualisasi
Konten akan semakin menarik apabila disertai visual yang bisa menggambarkan isi konten secara keseluruhan.

Timming
Sama halnya dengan beriklan di media konvensional (TV , Radio etc), Sosial media pun memiliki “Prime Time” nya tersendiri khususnya untuk Twitter. Waktu efektif untuk beriklan disosial media sejauh ini diperkirakan sekitar siang (11.00 – 14.00) dan malam hari (07.00 – 10.00).

Untuk memaksimalkan ketiga poin diatas diperlukan konsistensi agar akun tidak kehilangan keterikatannya dengan publik. Apabila beberapa poin di atas dapat dikelola dengan baik, bukan tidak mungkin social media akan mendatangkan profit yang besar bagi banyak pihak.

The Author :

1 komentar:

  1. ditambah satu lagi : admin twitter ...lah kl nda admin gimana bisa buat kontent ? haha

    BalasHapus