Kamis, 25 September 2014

Filled Under:

Membuat Web Portofolio Profesional

Sebagai seorang Desainer, baik designer grafis atau segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia kreatif, otomatis pasti membutuhkan sebuah wadah, tempat untuk menunjukan karya kita pada public agar mendapatkan calon klien. Membuat Web Portofolio merupakan salah satu pilihan yang paling baik untuk hal diatas. Selain sebagai showcase, juga untuk meyakinkan calon klien seberapa professionalnya kita.

Dalam pembuatannya, tentu kita harus membuat tampilan sebaik mungkin dan sesuai dengan karakter kita, tidak hanya asal jadi. Ada beberapa cara yang harus kita lakukan untuk menciptakan web portofolio professional.

MENENTUKAN TUJUAN
Banyak tujuan seorang designer menciptakan sebuah web portofolio selain untuk menarik minat calon klien dan menunjukkan karyanya. Diantaranya adalah :
  1. Mendapatkan pekerjaan. Portofolio yang dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan pekerjaan dari klien sehingga portolio harus dibuat berkesan dan meyakinkan.
  2. Menjual karya. Portofolio untuk tujuan komersial. Dimana Anda memajang karya agar orang tertarik untuk membeli produk kreatif yang Anda tawarkan.
  3. Reputasi. Ada beberapa orang yang membuat portofolio hanya sekedar memamerkan karya untuk menaikkan brand dan reputasi dalam industry yang sedang ditekuninya.
  4. Untuk komunikasi. Portofolio yang dibuat dengan tujuan menemukan koneksi dari orang lain yang terlibat dalam profesi atau industry yang sama.

SEDERHANA & TIDAK BERLEBIHAN
Sebagai desainer yang pasti kreatif, anda harus memikirkan desain seperti apa web yang anda tunjukkan untuk memamerkan karya anda. Kesederhanaan bukan hal yang tidak professional, asal-asalan dan tidak kreatif. Justru konten/layout yang terlalu kompleks malah akan membuat bingung pengunjungnya. Selain itu karya yang ditampilkan tak perlu berlebihan atau terlalu banyak. Tunjukkan lah beberapa karya yang menurut anda paling baik dan paling anda suka.
Pertimbangkan membuat beberapa kategori terpisah untuk mengklasifikasi karya Anda sehingga pengunjung website akan mudah memilih portofolio mana yang akan dilihat pertama kali. 

KEMUDAHAN NAVIGASI
Pentingnya navigasi dalam web portofolio kamu sangat mempengaruhi para calon klienmu. Karena mereka tak mau dibuat repot dengan navigasi yang semerawut dan ingi dibuat nyaman saat mengunjungi web portofolio kamu.

USER FRIENDLY
Perkembangan teknologi website sangat cepat dan semakin berkembang dari waktu ke waktu. Namun, intinya Buatlah sebuah website yang user-friendly. Pertimbangkan kompabilitas. Perhatikan bahwa web Anda harus dibuka dalam berbagai platform, baik browser (Chrome, Firefox, Opera dll), media (desktop, mobile, tablet) atau dalam berbagai macam resolusi monitor. Ada beberapa teknologi website yang berjalan normal pada platform desktop namun tidak berjalan saat dibuka dengan browser gadget.

INFORMASI KONTAK
Hal ini yang paling penting dalam sebuah web portofolio. Karena lewat sini para calon klien dapat langsung menhubungimu jika tertarik dengan karya kamu. Buatlah semudah mungkin agar calon klien tidak merasa bingung. Taruhlah beberapa info penting yang bisa digunakan untuk berkomunikasi denganmu kapan pun.

The Author :
Thoma Prayoga
"Talk Less, Think More"

0 komentar:

Posting Komentar