Sabtu, 20 September 2014

Filled Under:

Pengen Jadi Seleb Instagram? Gini caranya!

Halo sobat digital! Pernah gak sih kalian bermimpi jadi seleb Instagram? Iya, itu yang followers-nya banyak dan upload foto kayak apa aja yang nge-likes ribuan. Untuk selanjutnya aku sebut mereka seleb insta aja ya biar lebih singkat. Nah, gimana sih caranya biar bisa jadi kayak mereka? Apakah harus punya wajah secantik Raisa? Atau tampan rupawan seperti Keenan Pearce? Tidak dipungkiri bahwa tampang memang menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kepopuleran seseorang di Instagram. Tapi gimana ya, lha muka lebih mirip sama Yati Pesek masak mau bergaya foto ala Raisa? 

Eits, jangan khawatir sobat! Meskipun bermuka Yati Pesek bisa aja kan kalian punya bakat fotografi yang gemilang? Nah jangan sia-siakan bakat kalian ini ya, yang terpenting adalah ketekunan untuk terus belajar. Di kesempatan kali ini kita akan belajar dari Mas Emil Pakarklis yang berhasil menghasilkan 49 ribu followers Instagram tanpa bot dan cara-cara curang lainnya. Disimak yuk sis~ 

1. Rajin foto-foto untuk membuat portfolio

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat profil Instagram kamu keliatan keren. Gimana orang mau follow kamu kalo profilmu aja kosong melompong? Maka dari itu kamu harus rajin foto-foto terus pilih beberapa foto yang benar-benar bagus untuk diupload ke Instagram. Ingat, foto yang benar-benar bagus lho ya. Kalau belum punya foto yang bagus jangan dipaksain buat upload, nggak papa kok, cup cup... Kamu harus tetap tabah dan semangat. Kalo tujuan kamu di Instagram ingin menampilkan bakat fotografi, maka kualitas foto yang kamu posting itu sangat amat penting. Utamakan kualitas daripada kuantitas. Kalo kata Mas Emil sih nak-nak insta itu suka sama foto-foto pantai, reflection, dan sunset. Foto-foto kayak gini biasanya dapet likes banyak. Foto portrait biasanya dapat likes yang lebih sedikit. Terus kalo posting foto-foto lagi makan malem atau lagi hang out sama temen-temen gitu gimana mas? Kalo kamu itu artis ngetop semacam Nikita Willy atau Aurel Hermansyah gitu ya boleh-boleh aja tapi kalo kamu bukan siapa-siapa ya jangan harap yang nge-likes banyak, apalagi mau follow (kecuali nggak enak karena kenal di dunia nyata). Dan terakhir, untuk mempercantik profilmu jangan lupa juga untuk menuliskan profile description. Nggak perlu panjang-panjang, ini bukan nulis CV kok. Cukup simpel saja, deskripsikan dirimu dalam kalimat yang unik dan bermakna.

2. Cari perhatian (Caper)
Loh-loh apa ini kok ada caper segala? Memangnya mau pedekate? Iya dong, kita kan harus pedekate sama nak-nak insta biar mereka mau nge-follow kita. Salah satu cara untuk caper dengan nak-nak insta adalah dengan memakai hashtag. Dengan memakai hashtag, foto kamu akan muncul di hashtag feeds jadi kemungkinan orang yang melihat akan lebih banyak. Tapi, jangan semabarangan pakai hashtag ya. Pakailah hashtag yang relevan dengan foto kamu. Kebiasaan memakai banyak hashtag yang tidak relevan akan menyebabkan kamu dikenal sebagai spammer. Selain hashtag, cara lainnya adalah dengan follow banyak orang. Tapi bukan sembarangan nge-follow. Coba cari akun instagram yang style-nya mirip kamu, terus kepoin deh followers-nya. Cobalah untuk follow beberapa orang disana. Sebaiknya pilih orang yang bukan seleb jadi besar kemungkinan kamu akan di-follback. Ketika kamu nge-follow orang pasti muncul notifikasinya kan? Nah, biasanya orang yang di-follow orang nggak dikenal akan penasaran lalu ngecek profil orang tersebut. Kalo profil kamu keren dan sesuai sama interest dia pasti deh kamu di-follback. Cara lain untuk caper di Instagram adalah dengan sering-sering komen di foto orang lain. Kalo kamu follow seseorang tapi nggak pernah komen atau nge-likes, kamu akan jadi ghost follower. Dengan sering-sering komen, orang lain akan tau keberadaan kamu. Tapi komennya jangan “cek IG kita yuk sis” ya, nanti kamu dikira akun online shop. Cobalah untuk meninggalkan komen yang bijak dan positif. Bisa memuji atau memberi masukan atas sebuah foto. Kalo komen kamu keliatan pinter, biasanya si pemilik foto akan penasaran dan ngecek akun kamu. Sama seperti strategi sebelumnya, untuk menjalankan strategi ini kamu harus memiliki akun-akun yang memang berpotensi untuk follow kamu.

3. Membangun hubungan dengan followers
 
Kalo kamu nggak mau di-unfollow jangan jadi orang yang annoying. Jangan keseringan upload foto yang sekiranya akan memenuhi feed followers kamu. Jika followers kamu nggak suka dengan salah satu foto kamu biasanya dia akan cuek saja tapi jika kamu upload banyak foto sekaligus kemungkinan untuk di-unfollow akan semakin besar. Mas Emil menyarankan agar jangan memposting lebih dari satu foto dalam 6 jam. Jangan lupa juga untuk bersikap baik dan ramah dengan followers. Walaupun sudah menjadi seleb insta, Mas Emil ini tetap humble. Dia tetap meluangkan waktu untuk membalas komen-komen dan pertanyaan dari para followers-nya. Followers yang merasa dihargai pasti akan happy dan semakin menyukai kamu.

The Author :
Hana Ivana
Don’t follow your passion. Follow me @hanaiv
Source: http://iphonephotographyschool.com/get-popular-on-instagram/

1 komentar: