Rabu, 10 September 2014

Filled Under:

Proses Sektsa 11 Logo Terkenal

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana proses desain untuk logo terkenal? Proses desain logo brand besar banyak dimulai dengan sketsa kasar dari ide  yang secara bertahap disempurnakan untuk memenuhi kebutuhan klien. Setiap desain logo melewati proses yang berbeda, dan para desainer besar di balik logo ini masing-masing memiliki strategi mereka sendiri untuk menemukan solusi desain yang timeless. 

Coba lihat 11 contoh proses desain logo berikut ini. Anda mungkin akan terkejut oleh bagaimana logo - logo besar dimulai.

Citibank 
Desainer Logo: Paula Scher (via Pentagram) 

Paula Scher membuat proses sketsa pertama dari Logo Citibank di atas serbet dalam salah satu pertemuan pertamanya dengan perusahaan Citibank. Dia menggabungkan ikon payung tua menjadi logo wordmark yang timeless.

Pinterest 
Desainer Logo: Michael Deal & Carlos Pagan 


Pada tahun 2011, Pinterest memperbarui logonya dengan harapan untuk menciptakan tampilan yang lebih canggih. Mereka memilih Bello Script untuk tipografi dan dimodifikasi, menggunakan ligatures untuk membuat logotype yang indah. 

Nike
Desainer Logo : Carolyn Davidson (via Magazine Cetak) 
Logo original nike diciptakan pada tahun 1971 oleh Carolyn Davidson yang merupakan mahasiswa desain grafis dari Universitas Portland State – dengan harga $35. Tak satu pun dari para pendiri antusias dengan 6 alternatif desain yang dia tawarkan diawal dan para pendiri/founders hanya memilih satu "yang paling buruk”. Masih jadi perdebatan logo Nike besar  karena memang desain yang indah atau karena kesuksesan perusahaan, tapi logo ini tidak banyak berubah sejak diciptakan. 

Shell 
Desainer Logo: Shell 

Sebelum Raymond Loewy memberikan makeover logo pada tahun 1971, desain logo Shell selalu berubah dan selalu terlihat usang. Desain Loewy yang berhasil membuat logo ini jarang berubah. Proses sketsa logonya menunjukkan bahwa grid/garis bantu adalah alat yang ampuh untuk menciptakan semua jenis desain - bahkan logo! 

I Love New York 
Desainer Logo : Milton Glaser (via MOMA) 

Pada tahun 1976 Milton Glaser menggambar  "I Love New York" yang merupakan logo dari sebuah kampanye pada saat di dalam taksi menggunakan amplop bekas dengan krayon merah - dan tidak meminta  pembayaran untuk hasil karyanya. 

Exxon Mobil  
Desainer Logo : Raymond Loewy (via Library of Congress) 

Dalam sektsa Raymond Loewy untuk Exxon Mobil pada tahun 1966 ini, ia secara visual menekankan konsep ganda "x" dan menciptakan 18 variasi itu. Dia memilih satu, menandai dengan sebuah "OK." 

Starbucks  
Desainer Logo: Terry Heckler 

Sebuah ukiran kayu abad ke-15 dari dua ekor putri duyung Norse menjadi inspirasi asli untuk logo Starbucks '. Di atas, sketsa awal dan gambar tinta diperbarui oleh perancang logo Terry Heckler menunjukkan bagaimana hal itu berkembang menjadi putri duyung yang lebih modern-looking yang kita kenal sekarang. 

MailChimp 
Desainer Logo : Jon Hicks 

Pada tahun 2008, MailChimp memperbarui logonya dengan bantuan Jon Hicks, desainer yang membuat logo Firefox. Setelah memperbaiki beberapa sketsa proses kasar, ia mengimpor sketsa terakhir ke Adobe Illustrator, mengubah gambar menjadi menggemaskan, seekor monyet. 

Atlassian 
Desainer Logo : Jeff Kriege 

The Atlassian logo tidak selalu menjadi contoh yang lebih baik dari logo humanoid(logo yang berupa bentuk manusia). Logo lama telah diupdate pada tahun 2011 oleh Jeff Kriege, setelah banyak melakukan penelitian dan menarik ratusan proses sketsa, memperbaiki yang terbaik dan mempersempit mereka ke pilihan terakhir. Proses itu adalah perbaikan besar dari logo asli, sementara tetap setia dengan konsep aslinya.

Mozilla Firefox 
Desainer Logo : Stephen Desroches & Jon Hicks 

Maskot asli untuk Mozilla Firefox logo adalah phoenix, pada masa itu browser tersebut dikenal dengan Mozilla Firebird. Karena sengketa hak cipta, nama diubah menjadi Firefox. Rubah berapi itu sendiri terinspirasi oleh cerita Alkitab di mana Samson mengikat rubah dengan tali yang terbakar  melepaskannya ke ladang jagung orang Filistin. Gambar dunia merupakan wujud visualisasi dari internet global. Stephen Desroches menciptakan sketsa asli, dan desain final diberikan oleh Jon Hicks. 


Atari 
Desainer Logo : George Opperman

Atari logo dirancang oleh George Opperman pada tahun 1972, setelah sukses besar dari permainan Pong. Dalam kata-katanya sendiri, "dua sisi keping simbol Atari merupakan dua pemain video game yang bertanding, dengan garis 'Pong' di tengah." Sketsa aslinya pada kertas grafik adalah contoh lain dari kekuatan grid ketika datang untuk menciptakan desain abadi. 

Jelas, banyak dari desain logo yang paling terkenal memiliki awal yang sederhana sebagai sketsa proses yang sederhana. Namun, sketsa sendiri hanya satu langkah dalam proses desain logo profesional -, proses strategis berbasis penelitian yang bervariasi dari desainer untuk desainer. Setiap proses desainer ini berbeda, tapi hal  itu menarik untuk mengintip ke dalam bagaimana mereka menciptakan desain ikonik tersebut.

The Author :


0 komentar:

Posting Komentar