Kamis, 25 September 2014

Filled Under:

Keuntungan dibalik Social Media

Social media menjadi sebuah alat komunikasi yang hampir digunakan oleh semua orang terutama di Indonesia. Hampir semua lapisan masyarakat menggunakan social media sebagai media untuk berinteraksi dengan teman, kolega ataupun dijadikan ajang untuk reunian dengan teman lama serta tempat untuk meng-ekspresikan sesuatu yang dilakukannya.

Fenomena ini tidak luput dari sorotan berbagai macam brand untuk masuk kedalam ranah social media untuk menunjang eksistensi brand mereka namun hanya beberapa brand saja yang memanfaatkan fungsi dari social media ini secara maximal. Hal ini sah-sah saja dilakukan mengingat saat ini social media memang sangat menjanjikan untuk beriklan dan terlebih lagi dapat menekan budget promosi seminim mungkin. Berikut ini ada beberapa keuntungan dari penggunaan social media :

1.Social media dapat meningkatkan sales secara tidak langsung

Mengapa bisa meningkatkans ales secara tidak langsung? Melalui social media kita dapat memanfaatkannya melalui digital activation yang dapat meningkatkan brand awareness terhadap target market. Selain itu melalui social media juga dapat menciptakan Word of Mouth(WOM) dimana brand kita akan diperbincangkan oleh konsumen, dari perbincangan tersebut akan membuat brand kita dapat impact positifnya seperti konsumen dapat membeli produk kita dikarenakan WOM yang terjadi dalam ranah social media. Social media juga berfungsi untuk memberikan informasi produk dengan lebih jelas dan menarik sehingga dari sini dapat menjadi” brand awitching’ dimana konsumen yang awalnya membeli produk pesaing akan dapat membeli produk brand kita karena merasa puas dengan informasi produk yang kita berikan.

2.Social media dapat meningkatkan sales langsung

Selain dapat meningkatkan sales secara tidal langsung , ternyata social media juga dapat meningkatkan sales secara langsung, bagaimana caranya? Social media akan sangat berguna bagi yang ingin memanfaatkannya secara maximal, seperti halnya meningkatkan penjualan secara langsung, hal ini dapat dilakukan dengan melalui beberapa cara diantaranya adalah sebagai berikut :
a)Program Shocking deal.
Program ini dapat berupa discount atau promo dari produk tertentu yang diupload melalui social media dengan batas waktu yang telah ditentukan sehingga akan membuat konsumen penasaran dan berburu dengan discount yang diberikan.
b)Program Member Card Online
Member card ini digunakan untuk memberikan privilege terhadap konsumen sehingga bagi konsumen yang memiliki member ini bisa mendapatkan discount khusus ataupun dapat mengikuti undian berhadian yang dieselnggarakan oleh brand kita.

Selamat Mencoba 

The Author :
Cahyo Subekti

0 komentar:

Posting Komentar