Senin, 15 September 2014

Filled Under:

Social Media Monitoring & Digital Marketing Strategy



Pernah mendengar atau bahkan pernah menggunakan social media?? Pada era digital 2014 hampir seluruh kalangan mengetahui social media bahkan bersocial media sudah seperti kebutuhan sehari-hari, ibarat kata tidak gaul jika kita tidak bersocial media bagi generasi sekarang. Ketika social media merebak di semua kalangan,akibatnya banyak yang membicarakan isu-isu politik atau tentang suatu produk dari merek tertentu yang berawal dari suatu protes serta keluhan tentang merek atau produk tertentu di social media. 


Merek atau produk ternama selain harus selalu eksis di social media mereka juga harus memonitor perbincangan tentang mereknya serta kompetitor mereknya. Di era Digital seperti sekarang banyak sekali tersedia berbagai monitoring tool analisis yang di sediakan baik itu berbayar maupun digunakan secara gratis.

Lalu apa lagi manfaat social monitoring selain mencegah hal seperti diatas?? Berdasar Tuhu Nugraha Dewanto, orang yang mengelola social media monitoring klien dari NB Agency Asia, ada beberapa manfaat yang bisa dieksplorasi untuk kepentingan digital marketing strategy dari produk:

Brand Sentiment
Social media monitoring tools akan memberikan laporan yang komprehensif bagaimana persepsi produk kita di mata konsumen. Apakah produk kita diterima dan dipersepsikan positif atau negatif.

Consumer Insight & Response
Kita bisa mengetahui pemahaman konsumen tentang suka dan tidak sukanya suatu produk atau merek. Selain itu kita juga bisa melihat apakah brand ambassador yang di pilih sudah tepat sesuai dengan image merek atau produk. Menurut Tuhu Nugraha Dewanto denagn social media monitoring kita bisa melihat konsumen apakah akan terinspirasi untuk mencoba merek atau produk kita karena bintang iklanya.

Share of Voice & Buzz
Dari social media monitoring kita juga bisa meliha apakah merek kita sering diperbincangkan di ranah digital atau tidak, hal ini penting karena semakin sering merek kita dibicarakan berarti awareness pada merek semakin tinggi
Share of Voice & Buzz berguna juga untuk menghitung Key Performance Indicator (KPI) ketika sedang melakukan kampanye di digital. Apakah kampanye tersebut meningkatkan jumlah perbincangan positif produk kita di digital? Kalau tetap adem ayem, berarti kampanye yang dilakukan bisa dibilang tidak sukses karena tidak menarik audiens. Tapi kembali lagi ke tujuan awal. Kalau tujuan awalnya adalah awareness dan engagement, maka KPI ini baru relevan.

Competitor Analysis
Manfaat yang lain adalah kita bisa memantau kompetitor merek atau produk kita, dari hal tersebut kita bisa menyimpulkan persepsi konsumen tentang produk kompetitor. Selain kitu kita juga bisa membaca tentang tanggapan konsumen apakah campaign mereka benar-benar terespon oleh konsumen. Hal ini tentunya sangat penting bagi pemilik merek untuk pengambilan keputusan selanjutnya. Strategi apa yang akan diambil berdasarkan temuan yang didapat.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kita bersama tentang manfaat social monitoring dan Digital Marketing Strategy.

The Author :






Di sadur dari tulisan Tuhu Nugraha Dewanto pada media kompasiana

0 komentar:

Posting Komentar