Kamis, 18 September 2014

Filled Under:

Teknologi Web 2.0 (Teknologi Web Dinamis) yang melibatkan PHP dan MySQL (part 1)


Sebelum memahami bahasa pemrograman web, kita pahamai dasar pengertianya tentang web ya…… Apa itu Website? Website (situs web) atau bisa juga disebut Web adalah halaman yang ditampilkan di internet yang memuat informasi tertentu (khusus). Web pertama kali diperkenalkan pada tahun 1992. Hal ini sebagai hasil usaha pengembangan yang dilakukan CERN di Swiss. Internet dan web adalah dua hal yang berbeda. Internet yaitu yang dapat menampilkan web-nya, sedangkan web adalah yang ditampilkannya yang berupa susunan dari halaman-halaman yang menggunakan teknologi web dan saling berkaitan satu sama lain. web terbagi 2, yakni web statis dan web dinamis.

Website Statis
Website statis adalah sebuah website dimana tampilan halamannya tidak berubah-ubah. Dapat disimpilkan bahwa website statis ini jarang di update/diperbaharui, baik isi maupun tampilannya. Dari segi jumlah halamannya, website statis ini juga sangat terbatas halamannya. Informasi yang ada pada halamannya hanya informasi yang sudah tetap. Jadi dapat disimpulkan, website statis ini hampir sama dengan brosur. Namun yang membedakannya adalah, brosur berupa cetakan dan biasanya disebarkan, sedangkan website statis hanya dapat diakses melalui internet. Website statis biasanya dipergunakan untuk:
  • Website company profile 
  • Personal profile 
  • Penawaran produk.

Website Dinamis
Website dinamis adalah kebalikan dari website statis. Website dinamis berarti halaman dan isinya pun dapat berubah– ubah. Kebanyakan website saat ini adalah website dinamis karena isinya dapat di update setiap hari. Sebagai contohnya adalah: • Website-website berita • Blog • Tutorial • Situs social networking, dll.

TEKNOLOGI WEB 2.0
Gelombang Web 2.0 telah melanda dunia. Kesannya amat mendalam kepada sistem ekonomi, sosial serta politik antarabangsa. Revolusi teknologi Internet ini membuka lembaran baru mengenai cara hidup serta cara berkomunikasi masyarakat global. Ledakan globalisasi serta pasaran terbuka dilihat telah menyumbang utama kepada tranformasi yang begitu pantas ini.

Web 2.0 bukanlah wacana terbaru dunia Internet. Ia diperkenalkan dalam O' Reilly Media Web 2.0 Conference pada tahun 2004. Pemahaman konsep serta takrifan terhadap wadah ini masih lagi kabur pada awalnya. Dua pakar perkomputeran O'Reilly and John Battelle telah memberi satu rumusan khusus terhadap Web 2.0 kepada umum. Mereka menerangkan dengan panjang lebar berkenaan potensi Web 2.0 kepada masyarakat serta inovasi baru pengganti generasi pertama web. Slanga Web 2.0 menjadi perbincangan hangat dan sentiasa diperdebatkan masyarakat dunia. Kini Web 2.0 memasuki era tranformasi yang begitu pantas seiring dengan perkembangan dunia ICT global. Pelbagai pembaharuan terhadap perisian, aplikasi serta kepenggunaan telah diperkenalkan sehingga kini.

Terdapat 5 karakteristik utama Web 2.0. Yang pertama adalah pengayaan terhadap pengalaman pengguna. Seterusnya pelibatkan secara terus pengguna, kandungan yang dinamik, penggunaan metadata, dan yang terakhir kebolehanskalaan. Web 2.0 memberi pengalaman yang perbagai kepada pengguna dalam penerokaan ilmu terlandaskan minat serta memberi pengalaman baru komunikasi tanpa batasan merentasi negara dan budaya. Web 2.0 menyokong kandungan web yang dinamik iaitu data yang terdapat pada web boleh dimanipulasi oleh pengguna. Isi kandungan serta maklumat akan sentiasa berkembang. Metadata menjadi kewajiban bagi memudahkan proses mengindek serta menjejak data untuk capaian yang lebih pantas. Skala penggunaan web boleh berubah mengikut keperluan semasa serta perkhidmatan yang ditawarkan.

Antara aplikasi yang menjadi pendokong Web 2.0 ini adalah aplikasi teknologi blog, wiki, podcast, serta rangkaian sosial. Keempat inovasi ini berkembang dengan pesat dan mendapat sambutan hangat dari komuniti Internet. Kebanjiran pelbagai produk web generasi kedua ini menuntut persaingan pesat dan limpahan ekonomi yang bernilai trilion ringgit.

Teknologi ini berkembang pesat seiring dengan keperluan generasi yang lebih moden, bebas serta lebih terbuka pemikiran serta gaya hidupnya. Web 2.0 dapat memperkembangkan kreativiti manusia, mempelbagaikan cara komunikasi, pemperbesar dan memperluas hubungan sosial, mempertingkatkan keselamatan dalam proses perkongsian maklumat serta menggalakan kolaboratif dalam pembelajaran. Potensinya amat besar dan bermanfaat kepada pengguna Internet. 

The Author :
 

2 komentar:

  1. hahahaha..... keren gannnn ,ditunggu part .nya

    BalasHapus
  2. Mata Kuliah: Pengantar Pemrograman Web.......kuwi kanggo sing do kuliah bro.... hahahahhaha

    BalasHapus