Selasa, 09 September 2014

Filled Under: ,

Tips Membuat Konten Website atau Blog yang Shareable

Salah satu tujuan membuat konten website atau blog adalah untuk berbagi informasi dengan pengunjung. Semakin informatif suatu konten, maka semakin besar peluang konten tersebut untuk dibaca banyak orang. Namun, seperti apakah konten yang informatif sehingga berpeluang besar untuk dibaca banyak orang? Berikut ini ada beberapa tips untuk membuat konten seperti itu.

Mengenali Segmentasi Website
Pertama-tama, kita harus mengenali segmentasi website tersebut. Siapakah segmentasinya? Apakah untuk wanita dewasa, untuk remaja, atau yang lainnya. Mengenali segmentasi akan mempermudah kita dalam membuat konten. Kita lebih mudah menentukan tema apa yang akan ditulis karena tahu konten seperti apa yang dibutuhkan dan disukai oleh pasar kita.

Mencari Tahu Minat Pengunjung Website atau Blog
Contohnya mengamati tren kosmetik yang beredar pada kaum wanita melalui femaledaily
Kita bisa mengetahui minat pengunjung dengan cara melakukan riset kecil-kecilan. Riset kecil-kecilan bisa dilakukan dengan memantau trending topic di twitter, menyimak obrolan di forum-forum online yang terkait dengan segmentasi kita, dan juga mempertimbangkan masukan pembaca yang ada pada kolom komentar.

Menyesuaikan Gaya Penulisan dengan Segmentasi Pasar
Konten yang sesuai dengan segmentasi pasar adalah yang membuat pengunjung betah untuk menyimak konten kita hingga usai. Salah satu caranya adalah dengan menyesuaikan gaya penulisan. Jangan sampai website atau blog yang ditujukan untuk membahas hal-hal berat seperti politik disampaikan dengan gaya penulisan ala fashion blogger.

Kivitz, Blog milik fashion blogger yang konsisten membahas soal fashion muslimah.

Lengkapi Konten Tulisan dengan Gambar atau Video
Agar pengunjung tidak lelah dan bosan saat menyimak konten kita, sebaiknya lengkapi konten berupa tulisan dengan gambar atau video. Gambar dan Video dapat menambah kesan menarik pada konten kita. Selain itu, konten pendukung tersebut bisa menambah pemahaman pembaca ketika menyerap informasi dari tulisan tersebut. Lalu untuk menambah daya tarik, usahakan konten gambar atau video yang kita sisipkan adalah karya pribadi.

Beauty Blogger yang bernama Iva ini juga rajin melengkapi konten tulisan dalam blog-nya dengan gambar atau video original karyanya

Secara garis besar, empat tips tersebut merupakan dasar untuk menulis konten yang shareable. Masih ada banyak tips lainnya, namun dengan menerapkan empat hal tersebut kita sudah bisa menghasilkan konten yang informatif dan diminati pembaca.

Mulai membuat konten yang shareable yuk!

The Author :

1 komentar:

  1. Mantap artikelnya sist.. Membuat sebuah konten original dan berkualitas saja belum cukup utk menghadapi persaingan posisi dimesin pencari. Konten shareable juga menjadi salah satu faktor penentu popularitas sebuah blog/website. Terimakasih, salam kenal

    BalasHapus