Jumat, 26 Januari 2018

Filled Under: ,

Bingung Menentukan Influencers? Ini Pertimbangannya!

Melakukan pembelian melalui media sosial bukanlah perkara yang mudah. Beberapa orang biasanya akan memasuki masa-masa bimbang sebelum memutuskan untuk membeli atau tidak. Salah satu alasan terbesarnya adalah produk yang dijual hanya bisa dilihat melalui foto tanpa bisa dipegang atau dirasakan. Bagi sebagian orang, merasakan produk yang akan dibeli adalah hal yang wajib dilakukan.

Ada pula calon pembeli yang perlu bertanya ke sana ke mari untuk membuat dirinya yakin membeli. Dikutip dari socialmedatoday.com, 74 dari 100 orang mengaku akan mengecek kembali media sosial untuk mencari saran sebelum melakukan pembelian. Nah, 40% di antaranya membeli barang setelah melihat promosi yang dilakukan oleh para influencer di media sosial.

Influencers di media sosial pun terus bertambah jumlahnya seiring dengan banyaknya brand yang mencoba peluang menggunakan influencers.  Sayangnya, terkadang influencer memiliki audiens yang terlalu luas sehingga tidak banyak audiensnya yang loyal. Dalam beberapa kasus, influencer yang memiliki followers tinggi justru memiliki enggagement yang rendah. Tingginya followers tanpa audiens yang loyal hanya akan membuat iklan dilihat sekilas saja.

Lalu bagaimana cara menentukan influencers yang paling tepat? Dikutip dari forbes.com, beberapa hal ini harus kamu perhatikan sebelum mengiklankan brand mu melalui influencers.

1. Reguler post
Konsistensi adalah salah satu kunci media sosial yang terhubung dengan audiensnya. Konsistensi di sini tidak harus 1 post per hari, sebab masing-masing platform memiliki karakteristik tersendiri. Nah, sebaiknya kamu memilih influencers yang mengelola media sosial dengan baik dan posting secara rutin.

2. Interaksi dengan audiens
Tingginya jumlah followers tak akan berarti jika mereka tidak loyal dan merupakan audiens pasif. Semakin loyal audiens dengan influencers, maka semakin tinggi pula brandmu terhubung dengan mereka. Kamu bisa melihat interaksi ini dari jumlah like, komentar, dan mention teman di kolom komentar, hingga respon dari influencer itu sendiri. Satu hal yang paling penting, kamu harus cek bahwa audiens mereka adalah akun personal.

3. Kecocokan dengan brand
Kecocokan influencer dengan brand akan bisa membawakan audiens yang tepat untuk brandmu. Hal ini karena audiens cenderung mengikuti akun influencer yang memiliki ketertarikan yang sama.

Jika masih bingung untuk menentukan influencer yang paling tepat untuk brand-mu, jangan ragu untuk mengontak RWE di info@rwe.co.id, ya!

0 komentar:

Posting Komentar